KATA PENGANTAR
بسم الله لر حمن
لر حيم
Assalamu alaikum
warahmatullahi wabarakatu
Fuji syukur selalu kita
haturkan kepada allah s.w.t. oleh karena dialah, yang memberikan kesehatan
kepada hambanya, sehingga manusia dapat menikmati keindahan alam semesta ini.
Terutama lagi adalah kesehatan fikiran sehingga manusia dapat menyelesaikan
segala permasalahan yang ada.
Salam dan salawat semoga
tetap tercurahkan kepada nabi muhammad s.a.w. karna dialah yang mengantaran
manusia dari alam kebodohan menuju alam pendidikan, seperti yang kita rasakan
saat ini.
Ucapan terimakasi kepada
dosen yang bersangkutan yakni. Ibu Darmawati, S,Ag.,M.Pd atas bimbingan yang
diberikan kepada kami atas nama kelompok
lima makalah ini. Kami sadari bahwa kami seorang mahasiswa khususnya
mahasiswa atain parepare, tidak akan lepas dari yang namanya seorang pembimbing
yakni dosen / guru.
Pare-pere 3 Maret 2013
Atas nama penulis kelompok dua
DAFTAR ISI
KATA PENGATAR ................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................ ii
BAB I Pendahuluan ................................................................................. 1
A.
Latar Belakan Masalah ................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah .......................................................................... 1
BAB II Pembahasan ................................................................................ 2
A.
Pengertian Munaada ...................................................................... 2
B.
Fungsi-fungsi Huruf Munaada ....................................................... 2
C.
Pembagian Munaada ...................................................................... 3
BAB III Penutup ...................................................................................... 7
A.
Kesimpulan .................................................................................... 7
B.
Saran .............................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Ilmu pendidikan bahasa arab adalah sebagai salah satu ilmu dari
terapan. Artinya ilmu tetap tidak seperti ilmu-ilmu lain yang beberapa kali
akan menagalami perubahan pembahasan.
Ilmu pendidikan bahasa
arab sangata luasa cakupan pembahasannya, pokok atau inti dari pembahasan
pendidikan bahasa arab itu sendidri ada dua yaitu NAHWU. Inilah sesungguhnya
inti sari untuk bisa menguasai pendidikan Bahasa arab.
Untuk itu dalam mata kuliah NAHWU III ini
kita akan membahas mengenai penjabaran dari NAHWU III yaitu,al-muaada. Kita
akan membahas mengenai pengertian al-munaada
itu sendri, contoh-contoh dari al-muaada, dan pembagian-pembagian
dari al-munaada itu sendiri.
B.
Rumusan Masalah
a.
Apa pengertian munaada, dan berapa huruf-furuf
muaada, serta fungsi-fungsi dari huruf-huruf munaada
b.
Ada berapa macam pembagian munaada.
BAB II
PAMBAHASAN
A.
Pengertian Munaada
Munaada (
المُنَا دَى ), adalah isim
yang terletak setelah alat-alat panggilan,[1]
huruf munaada ada yang dipergunakan untuk memanggil, huruf munaada itu ada
tujuh macam diantaranya yaitu: يَا, هَيَّا, أَيْ, أَ, أَيا, آ, وا.[2]
Munaada
tidak selamanya dalam keadaan nashab ( manshubun ) melainkan ada yang rofak (
marfu’un ). Masing-masing mempunyai sebab dan alasan, mengapa harus dinashabkan
dan kapan munaada harus dirofakkan.[3]
B.
Fungsi-fungsi huruf-huruf Munaada
1.
أَيْ dan أ
di gunakan untuk munaada yang jauh atau sesuatu yang di panggil itu
dekat dari tempat kita berada, contoh:أَقْبَلِ أَمُحَمَّدُ( wahai muhammad menghindar )
2.
أيا danهَيَّا dan آ
di gunakan untuk munaada yang dipanggil itu jauh dari tempat kita
berada, هَيَّا طّا
لِعًا جَبَلاً ( wahai orang yang
mendaki gunung )
3.
يا di gunakan untuk munaada yang jauh, dekat,
atau antara jauh dan dekat, contoh يَا عَبْدَاللَّهِ ( wahai abdullah )
4.
وا di gunakan untuk menaada yang digunakan untuk
sesuatu yang mandub mutafajja’ ‘alaihi, contoh وَا سَيَّدَهْ (
wahai tuanku ).
Selain dari contoh-contoh penggunaan huruf-huruf munaada di atas
masih terdapat banyak contoh-contoh yang lain mengenai penggunaan huruf-huruf
munaada ( panggilan ) tinggal dari kita saja, atau dari kalangan pembaca
bagaimana cara mengembangkan pola-pola kalimat yang kita akan gunakan,
[1] Pu’ad Ni’mat. Mulahkhas (
qawangid bahasa arab ), h,. 81.
[2] http://www. Google. Com.
29-3-2013.
[3] Imam Bawani. Cara
cepat belajar bahasa arab, ( surabaya, 12 Agustus 1982 ). h,. 269.
DAFTAR PUSTAKA
Azhar Arsyad, Prof.Dr. M.A. menguasai kata
kerja populer dan preposisi bahasa arab, (
beserta contohnya dalam
kalimat ). ( PT. Pustaka Pelajar, juni 2001 ).
Anwar.Moch.K.H.
Ilmu nahwu, terjemahan matan Al-Ajurumiyyah dan ‘Imrithy, ( PT.
Sinar baru algensindo
bandung maret 2011 ).
Drs. Ghaziadin
Djupri. Ghaziadin.Drs. ilmu nahwu praktis ( terjemahan matan Al-
Ajurumiah beserta
contoh-contohnya ).
http://www. Google. Com. 29-3-2013.
Imam Bawani, Cara
cepat belajar bahasa arab, ( surabaya, 12 Agustus 1982 ).
Iman Saiful
Mu’minin. Kamus ilmu nahwu dan sharaf, ( PT Amzah, juni 2009 ).
Pu’ad Ni’mat. Mulahkhas
( qawangid bahasa arab ),
Tidak ada komentar:
Posting Komentar